Kandungan rempah-rempah Rokok garskruie

Cigarskruie membongkar rahasia alam Indonesia. Kretek rempah Cigarskruie adalah racikan ramuan exclusive rempah-rempah alami yang memiliki keseimbangan kesempurnaan alam. Melalui sentuhan harmonisasi seniman kretek handal, tercipta Cigarskruie menjadi kretek mengejutkan! yang halus, nikmat berkhasiat serta membongkar paradigma #Rokok . Di bawah ini kami paparkan 12 kandungan rempah-rempah yang terdapat di dalam kretek produksi PR.Indokretek; Cigarskruie, Assikha Habbats serta Assikha Gold. Serta beberapa manfaat yang dimiliki dari tiap-tiap rempah tersebut.

1. Cengkeh (Syzygium aromaticum)
Cengkeh adalah tanaman asli Indonesia yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan di negara-negara Eropa serta sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia. Cengkeh juga mempunyai khasiat dan manfaat untuk Kesehatan, tanaman ini juga digunakan dalam industri farmasi, penyedap masakan, dan wewangian. Berikut beberapa hhasiat Cengkeh untuk Obat herbal tradisional yaitu bisa mengatasi:
Menghitamkan alis mata, Mengobati Campak, Menambah Denyut Jantung , Mengatasi sakit gigi, Menghilangkan bau mulut, Mengatasi sinusitis, Sebagai obat mual, Mengatasi kembung, Obat masuk angin, Obat sakit kepala, Mengatasi radang lambung, Obat batuk, terlambat haid, rematik, campak.

2. Kapulaga (Amamum Campactum Soland)
Kapulaga memiliki aroma bau sedap sehingga orang Inggris menyanjungnya sebagai grains of paradise. Aroma sedap ini berasal dari kandungan minyak atsiri pada kapulaga. Minyak atsiri ini mengandung lima zat utama, yaitu borneolalfa-terpinilasetat yang harum seperti bau jeruk pettigrain, limonen yang juga harum seperti bau jeruk keprok alfa terpinen yang harum seperti jeruk sitrun cineol yang sedap agak pedas menghangatkan seperti minyak kayu putih. Kombinasi inilah yang membentuk aroma khas kapulaga. Dalam dunia obat-obatan biji yang telah dikeringkan dinamakan semen cardamomi. Selain bijinya, yang digunakan untuk obat adalah bagian akar, buah, dan batangnya. Kapulaga mengandung minyak atsiri, sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena,mirtenal, karvona, terpinil asetat, dan kersik. Kapulaga memiliki khasiat sebagai obat batuk & mencegah keropos tulang.

3. Kulit Pisang Raja
Hasil penelitian tim Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan, memperlihatkan bahwa ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi mengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan retina mata. Selain kaya vitamin B6, kulit pisang juga ternyata banyak mengandung serotonin yang sangat vital untuk menyeimbangkan mood. Selain itu, ditemukan pula manfaat ekstrak pisang untuk menjaga retina dari kerusakan cahaya akibat regenerasi retina. Dalam studi klinis yang dilakukan, para peneliti membandingkan efek ekstrak kulit pisang bagi retina mata pada dua kelompok. Pertama adalah kelompok kontrol dan kelompok kedua adalah responden yang diberi ekstrak kulit pisang dan mereka dipapari cahaya selama enam jam dalam dua hari. Hasilnya, mereka yang tidak mendapat ekstrak kulit pisang sel retinanya menjadi mati, sedangkan kelompok lainnya retinanya tidak mengalami kerusakan. Meski belum ada penjelasan ilmiahnya, para ahli meyakini rendahnya kadar serotonin di dalam otak akan menyebabkan timbulnya depresi. Serotonin yang cukup akan membuat seseorang tenang dan rileks.

4. Madu Hutan
Kajian terbaru membuktikan sebagian atlit yang mengkonsumsi madu sebelum dan sesudah bertanding dapat mengembalikan stamina lebih cepat dari mereka yang tidak mengkonsumsi madu. Dari apa yang terkandung dimadu ternyata memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Madu mengandungi vitamin dan anti oksidan tetapi bebas lemas, kolestrol dan garam.
  • Mempunyai antioksidan pada paras kandungan yang sama dalam bayam dan ia baik untuk kesihatan jantung anda.
  • Sejak bertahun-tahun, penyanyi opera yang bersuara lantang mengamalkan madu untuk meningkatkan tenaga dalam badan & melegakan tekak sebelum membuat persembahan.
  • Madu adalah satu-satunya makanan yang mengandungi semua unsur yang perlu untuk kehidupan termasuk air.
  • Madu mempunyai keupayaan untuk menarik dan menyerap lembapan, oleh itu ia sangat mujarab untuk merawat luka terbakar yang kecil dan mencegah parut.
  • Madu mempercepat penyembuhan luka terbuka dan melawan jangkitan.
  • Seawal Perang Dunia Pertama, madu telah dicampurkan dengan minyak ikan kod untuk merawat & mencuci luka di medan perang.
  • Madu dan sarang lebah merupakan bahan asas kepada krim kulit, lipstik dan losyen tangan.

5. Salvadore Persica (Siwak)
Penelitian terbaru terhadap kayu siwak mengandung mineral-mineral alami yang mampu membunuh bakteri, menghilangkan plaque, mencegah gigi berlubang serta memelihara gusi. Siwak memiliki kandungan kimiawi yang bermanfaat, seperti :

  • Antibacterial Acids, seperti astringents, abrasive dan detergents yang berfungsi untuk membunuh bakteri, mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan pada gusi. Pada penggunaan siwak pertama kali, mungkin terasa pedas dan sedikit membakar, karena terdapat kandungan serupamustard di dalamnya yang merupakan substansi antibacterial acids tersebut.
  • Kandungan kimia seperti Klorida, Pottasium, Sodium Bicarbonate, Fluoride, Silika, Sulfur, Vitamin C, Trimethyl amine, Salvadorine, Tannins dan beberapa mineral lainnya yang berfungsi untuk membersihkan gigi, memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi. Bahan-bahan ini sering diekstrak sebagai bahan penyusun pasta gigi.
  • Minyak aroma alami yang memiliki rasa dan bau yang segar, menjadikan mulut menjadi harum dan menghilangkan bau tak sedap.
  • Enzim yang mencegah pembentukan plaque yang menyebabkan radang gusi. Plaque juga merupakan penyebab utama tanggalnya gigi secara premature.
  • Anti decay agent (Zat anti pembusukan), yang menurunkan jumlah bakteri di mulut dan mencegah proses pembusukan. Selain itu siwak juga turut merangsang produksi saliva (air liur) lebih, dimana saliva merupakan organik mulut yang melindungi dan membersihkan mulut.
6. Nigella Sativa (Jinten Hitam) 
Jinten hitam (Nigella sativa) atau Habbatussauda adalah tanaman obat. Jinten Hitam banyak dikenal dengan berbagai nama, diantaranya black seed, black caraway, black seed, natura seed, jintan hitam,black cumin, nigella sativa, kaluduru, dll. Digunakan sebagai herbal pengobatan sejak 2000-3000 tahun sebelum Masehi dan tercatat dalam banyak literatur kuno mengenai ahli pengobatan terdahulu. Rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Bahkan Nabi Muhammad SAW pernah bersabda “Bahwa penyakit apapun bisa sembuh dengan Habbatusauda selain kematian“.
Di bawah ini beberapa manfaat utama Jinten Hitam :

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan Virus, Kuman dan Bakteri.
  • Mempertahankan tubuh dari serangan kanker dan HIV.
  • Menghentikan pertumbuhan sel tumor.
  • Meningkatkan fungsi otak, dengan kandungan asam linoleat (Omega 6) dan asam linolenat (Omega 3), meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun.
  • Memperbaiki mikro (peredaran darah) ke otak dan sangat cocok diberikan pada lansia.
  • Meringankan berbagai jenis penyakit pernafasan, asma bronchial, bronchitis, gampang lelah, batuk kronis dan penyakit pernafasan lainnya.
  • Mengatasi gangguan tidur dan stress.
7. Kayu Manis
Di dunia kedokteran, senyawa sinamaldehid diketahui memiliki sifat anti-agregasi platelet dan sebagaivasodilator secara in vitro. Platelet adalah kolesterol yang menempel pada pembuluh darah. Agregasi(pengumpulan) platelet menyebabkan terjadinya asterosklerosis atau lemak mengeras di pembuluh arteri pada makhluk hidup. Manfaat dari ramuan dari kayu manis :

  1. Sakit Perut, membersihkan perut serta menyembuhkan bisul hingga keakar-akarnya.
  2. Kembung, Penelitian yang dilakukan di India dan Jepang menyatakan bahwa madu yang diminum bersama kayu manis panas dapat membuat nafas tetap segar sehari penuh.
  3. Sakit Kepala dan Sinus.
  4. Mudah Lelah, lanjut usia yang mengkonsumsi madu dan bubuk kayu manis dengan ukuran sama, terbukti lebih waspada dan fleksibel.
  5. Influenza
8. Sirih
Sirih (Piper betle L atau Chavica aurculata Miq) sangat kaya kandungan zat berkhasiat. Di antaranya, minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylpyrokatekol, cyneole, caryophyllene, cadinene,estragol, terpennena, seskuiterpena, fenil propana, tanin, diastase, gula, dan pati.

Efek zat aktif yang dikandung seluruh bagian tanaman sirih adalah merangsang syaraf pusat, merangsang daya pikir, meningkatkan gerakan peristaltik, merangsang kejang, meredakan sifat mendengkur. Daun sirih memiliki efek mencegah ejakulasi prematur, mematikan jamur Candidaalbicans, anti kejang,analgesik, anestetik, pereda kejang pada otot polos, penekan pengendali gerak, mengurangi sekresi cairan pada liang vagina, penekan kekebalan tubuh, pelindung hati, dan antidiare, mengatasi batuk,bronchitis, menghilangkan bau badan, mengobati luka bakar, mimisan, bisul, mata gatal dan merah, koreng dan gatal-gatal, menghentikan pendarahan gusi, sariawan, menghilangkan bau mulut, jerawat, keputihan, dan mengurangi produksi air susu ibu yang berlebihan.

9. Jahe
Penelitian modern membuktikan secara ilmiah berbagai manfaat jahe, antara lain :

  • Menurunkan tekanan darah. Hal ini karena jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir  lebih cepat dan lancar dan memperingan kerja jantung memompa darah.
  • Membantu pencernaan, karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.
  • Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung. Gingerol juga diduga membantu menurunkan kadar kolesterol.
  • Mencegah mual, karena jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Â Termasuk mual akibat mabok perjalanan.
  • Membuat lambung menjadi nyaman, meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin.
  • Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.
10. Kencur
Kencur (nama bahasa Jawa Indonesia) bahasa latinnya Kaempferia galangal L dikenal di berbagai tempat dengan nama yang berbeda-beda: cikur (bahasaSunda); ceuko (bahasa Aceh); kencor (Madura); cekuh (bahasa Bali); kencur, sukung (bahasaMelayu Manado); asauli, sauleh, soul, umpa (bahasa-bahasa di Maluku); serta cekir (Sumba).

Berbagai masakan tradisional Indonesia dan jamu menggunakan kencur sebagai bagian resepnya. Kencur dipakai orang sebagai tonikum dengan khasiat menambah nafsu makan sehingga sering diberikan kepada anak-anak. Jamu beraskencur sangat populer sebagai minuman penyegar pula. Di Bali, urap dibuat dengan menggunakan daun kencur. Kencur biasa dipakai sebagai bahan baku jamu (obat tradisional), fitofarmaka, industry kosmetika, penyedap makanan dan minuman, rempah, serta bahan campuran saus rokok kretek. Secara empirik kencur digunakan sebagai penambah nafsu makan, infeksi bakteri, obat batuk, disentri, tonikum, ekspektoran, masuk angin dan sakit perut.

11. Ketumbar
Manfaat ketumbar diambil dari daun, biji dan buah. Dari semua bagian tanaman yang diubah menjadi minyak terbang terdapat kandungan berupa sabinene, myrcene, a-terpinene, ocimene, linalool, geraniol, dekanal, desilaldehide, trantridecen, asam petroselinat, asam oktadasenat, d-mannite, skopoletin, p-simena, kamfena, dan felandren. Selain itu dalam Cabe Puyang Warisan Nenek Moyang (Balai Pustaka 1996) disebutkan bahwa ketumbar juga mengandung lemak dan abu. Manfaat dari tumbuhan ini sudah banyak dirasakan di berbagai negara. Ketumbar biasanya digunakan pelancar pencernaan, peluruh kentut (carminative), peluruh ASI (lactago), dan penambah nafsu makan (stomachica).

Dari ensiklopedi Wikipedia disebutkan bahwa khasiatnya tak sebatas pelancar pencernaan saja. Ketumbar juga berguna untuk meredakan pusing, muntah-muntah, influenza, wasir, radang lambung dan radang payudara, campak, masuk angin, tekanan darah tinggi, dan lemah syahwat. Penggunaan ketumbar bisa dilakukan dengan berbagai cara ditumbuk halus dan direbus, baik untuk pengobatan luar, maupun dalam.

12. Lada Hitam
Di antara keluarga rempah-rempah, lada hitam (Piper nigrum) atau black pepper adalah jenis rempah-rempah yang paling populer. Ditemukan pertama kali di Malabar, pantai barat India bagian Selatan sekitar 2000 tahun yang lalu. Kini lada banyak ditanam di wilayah Asia, terutama Malaysia dan Indonesia. Kandungan kimia dalam lada hitam adalah saponin, flavonoida, minyak atsiri, kavisin, resin, zat putih telur, amilum, piperine, piperiline, piperoleine, poperanine, piperonal, dihdrokarveol, kanyo-fillene oksida, kariptone, tran piocarrol, dan minyak lada. Sifat kimiawi lada adalah pedas dan beraroma sangat khas. Lada hitam memiliki banyak khasiat. Di antaranya adalah untuk melancarkan menstruasi, meredakan serangan asma, meringankan gejala rematik, mengatasi perut kembung, serta menyembuhkan rasa sakit kepala. (ck-hw)

0 komentar:

Post a Comment

Rokok CigarsKruie